Menjadi Pewarta Profesional


                    Dok. Internet


            Sistem demokrasi yang pemerintah anut saat ini, adalah bentuk kedaulatan rakyat yang menjunjung satatement “dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”. Supaya roda demokrasi bisa berjalan dengan apik, masyarakat membutuhkan informasi yang up to date untuk mengetahui keadaan sekelilingnya. Disinilah insan pewarta atau wartawan menjadi ujung tombak dalam pemenuhan informasi publik.
            Semua informasi yang kita serap, secara tidak sadar akan mempengaruhi pola pikir dan menggiring opini kita. Kadang disitulah kita terjebak oleh wacana dan olahan redaksi penerbitan. Maka, yang menjadi duduk persalahan tersebut terletak pada wartawan sebagai penyambung informasi. Apalagi pers hari ini menjadi pilar ke-empat sistem demokrasi. Maka, yang menentukan arah pemerintahan masa depan bangsa ini salah satunya terletak pada pers.       
            Dalam buku ini (Jurnalisme Dasar) mengorek tentang prinsip, formulasi, dan konstruksi langkah kerja wartawan. Dari  awal membuka buku ini langsung disajikan esensi dari wartawan. Bahwa wartawan adalah orang yang melakukan tugas mulia. Yaitu sebagai penyampai informasi ke publik. Maka, makna terdalam dari pewarta adalah sebagai insan yang skeptis. Tom Friedman dari NewYork Times (dalam buku ini) menyampaikan bahwa skeptis adalah keraguan. Keraguan membuat orang akan bertanya, mencari, sampai mendapatkan kebenaran.
            Terdapat juga sembilan prinsip jurnalisme, yang pada intinya adalah menaati etika jurnalime. Rajin melakukan ferivikasi, berpihak pada kebenran, dan subjektif terhadap masyarakat menjadi senjata seorang wartawan. Selain itu, Luwi Ishwara sebagai penulisnya juga menularkan ilmu syarat kerja bagi wartawan. Pemenuhan unsur 5W+1H adalah hal yang wajib ’ain yang harus diterapkan dalam pemenuhan unsur berita.
            Berita dan Nilai berita harus memaparkan fakta yang obyektif, bermakna, dan penguatan sumber berita yanng kuat dengan analisis yang mendalam. Karena, pembaca sering meninggalkan informasi yang tertulis, atau langsung beralih ke berita lain bila tidak dikemas dengan manarik.
            Yang paling menjadi perhatian adalah diterangkan juga teknik menulis, dan penjelasan struktur berita. Penulis menjelaskan agak banyak terkai penulisan berita. Kadang, wartawan terjebak dalam penulisan berita yang berbentuk Beat. Dalam pencarian sumber berita, sistem beat  mengarah pada ssesialisasi bidang dalam surat kabar. Misalkan passion di politik, ekonomi, olahraga dan sebagainya, kadang tejebak oleh pernyataan yang mengarah pada pembenaran informasi. Sering melindungi mereka dari berita yang merugikan karena masih membutuhkan jasa mereka sebagai informasi lanjutan. Kehilangan sudut pandang, karena kehlangan perspektif. Misalkan karena terlena dijamu oleh sumber/narasumber berita, maka dalam menguras informasi dangkal dan kehilangan cara pandang yang lain.
            Sifat ego wartawan, dia akan menentang wartawan lain untuk tidak bisa masuk dalam wilayahnya. Sempit dan melemah karena wartawan beat  mendengar dan melihat informasi terlalu banyak, dan mereka cenderung untuk menyamaratakan dari opini narasumber. Padahal tiap ucapan yang dilontarkan memberi konotasi dan makna yang berbeda.
            Kekurangan dari buku ini adalah, kurang memaparkan contoh-contoh tulisan yang baik dan benar menurut kaidah jurnalisme. Buku ini hanya menerangkan secara gamblang teori-teori dan permasalahan kewartawanan. Hal yang “selayaknya dipatuhi wartawan” tersedia lengkap, namun pemberian contoh peulisan tidak satupun dimuat. Maka, menjadi buku yang menarik apabila penambahan banyak ulasan contoh-contoh tulisan dimasukkan sebagai referensi saat menulis bagi calon-calon wartawan dan yang bergelut didunia ke-jurnalistikan.
                   
Judul Asli            : JURNALISME DASAR
Penulis                 : Luwi Ishwara
Penerbit               : Kompas
Cetakan               : Kelima
Tahun Terbit       : 2011
Tebal                    : xii+188 hlm; 14 cm x 21 cm
Resensator           : Syamsuddin Nur Majid

Komentar

Postingan Populer